Gelar Diklat Pembentukan Kader Bela Negara, Bakesbangpol Kabupaten Pamekasan Ajarkan Pendidikan Karakter Pada Siswa

Pamekasan – Dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pamekasan menggelar kegiatan Diklat Pembentukan Kader Bela Negara. Kegiatan ini diikuti oleh 10 perwakilan siswa siswi dari setiap sekolah yaitu, 10 SLTA/sederajat daerah Pamekasan yang berlangsung selama 3 hari di Makodim 0826 Pamekasan, kemarin (9/11/2019).

Pelaksanaan kegiatan ini bukan lah hal yang baru bagi Bakesbangpol Kabupaten Pamekasan. Kegiatan yang melibatkan banyak siswa ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya oleh bidang Pengembangan Nilai-Nilai Kesatuan Bangsa. Dalam hal ini, Bakesbangpol Kabupaten Pamekasan berkerja sama dengan Makodim 0826 Pamekasan.

“Kami selalu bekerja sama dengan Makodim 0826 Pamekasan, karena memang narasumber disana selalu baik dalam memberikan pengetahuan karakter,” jelas Mohairiyati, Kabid Nilai-Nilai Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Pamekasan.

Selama kegiatan diklat ini, para siswa diberikan berbagai materi seperti wawasan  kebangsaan, cinta tanah air, narkoba, dan peraturan baris-berbaris (PBB). Berbagai materi tersebut disampaikan oleh narasumber yang kompeten dalam bidangnya seperti Kasdim 0826 Pamekasan, Dosen Kewarganegaraan, dan BNN. Dengan adanya materi wawasan kebangsaan tersebut, Bakesbangpol Kabupaten berharap generasi muda Pamekasan memiliki pengetahuan yang baik mengenai bangsanya dan mencintai negaranya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, generasi muda dapat mengetahui sejarah bangsa, jasa pahlawan dan yang paling penting yaitu dapat membentuk karakter generasi muda untuk disiplin,” ujar Kasubid Nilai-Nilai Kesatuan Bangsa Bakesbangpol Kabupaten Pamekasan. Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pamekasan, Imam Rifadi, Bela negara adalah kewajiban bagi semua bangsa tidak terkecuali para pemuda serta bagi para pelajar.

Penulis : Mitha Ambarwati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *